Ada Wortel Tidak Mengandung Vit A

Mengapa orang mudah percaya? karena mereka tidak tahu alasan yang jelas dari mana dasar pemikiran, nalar dan mau tidak mau percaya begitu saja. Kurangnya pengetahuan, sikap kritis dan enggannya mencari titik kebenarannya, sehingga banyak yang terjerumus di dalam kepercayaan semu. Jangan berpikir hanya orang bodoh saja, banyak orang pintar menjadi korban dari kepercayaan semu tanpa menguji kebenaraannya. Berapa banyak yang percaya pesan singkat ”papa ama belikan pulsa, darurat” atau ”ini modem paling cepat untuk ng-net” dan sebagainya. Hasilnya, tidak banyak yang gigit jari alias kecewa dengan taruhan modal ”percaya”.

Contoh sederhana, banyak orang percaya dan mungkin sepakat bahwa Cabe, Lombok banyak mengandung Vitamin C. Para ahli juga sudah membuktikan, sehingga secara ilmiah sudah bisa dibuktikan. Lalu ada orang sariawan biar cepet sembuh mengonsumsi makanan yang pedes sampai berkeringat. Rendang pedes, Miegoreng pedes, nasi goreng pedes pokoknya yang serba cabe dan pedes. Timbul pertanyaan sembuhkan sariawannya?, jangankan sembuh malah mules dan mencret iya karena terlalu banyak yang pedes-pedes. Para Ahli mengukur Vit C dalam kondisi cabe segar sehingga diperoleh hasil. Andaikata cabe sudah dimasak, direbus atau digoreng, ya Vit C ilang, karena Asam Askorbat sebagai Vit C rusak pada suhu 40derajat.

Mereka yang percaya Wortel mengandung Vit A dan Beta Karoten harus berhati-hati. Pada wortel yang sudah menjadi sop, cap jay atau yang sudah dimasak diragukan kandungan Vit A dan Beta Karotennya. Mengapa diragukan, kembali pada proses pemanasan yang menyebabkan banyak kerusakan pada vitarmin. Masih percaya dan melakukan pemaksaan anak yang bermasalah dengan mata lalu tiap hari di gelontor sop wortel?. Nah jika worte; dimakan mentah, wah alhamdulilah memang itu cara yang benar untuk menjaga kandungan nutrisi dan vitamin, begitu juga dengan cabai.

Proses pemasakan, pengolahan kebanyakan mendegradasi vitamin, mineral dan nutrisi. Beberapa vitamin memang tidak tahan panas, betakaroten juga tidak tahan paparan cahaya dan panas, Protein juga rusak akibat pemanasan. Memang tidak benar juga makan mentah, karena resiko kontaminasi mikrob juga menjadi pertimbangan. Makan mentah, atau lalapan? siapa takut. Dengan makan makanan buah atau sayur segar bisa diperoleh hasil yang optimal. Jika mulut enggan makan seperti kambing masih ada cara yang cuku manusiawi. Dengan cara kamuflase atau menyamarkan apa yang dimakan. Dengan model sandwich, di blender atau dikombinasikan dengan makanan lain.

Masih percaya wortel, mengandung vit A saat jadi Sop atau Vitamin C tinggi pada sambel goreng hati?. Mungkin saat setidaknya kepercayaan jangan dipertaruhkan dari pada gigit jari dikemudian hari. Bujuk rayu sales dengan bibir manis, atau iklan di televisi kadang menggiurkan, tetapi tidak sedikit yang menyesatkan. Menguji sebuah kebenaran dengan pembuktian, tidak harus menjadi analis kimia, ahli komunikasi atau pakar. Cukup dari depan ponsel dengan fasilitas internet cukup tanya google atau kalau lagi beruntung menemukan tulisan dalam sobekan majalah yang bisa memberikan pencerahan. Teliti sebelum membeli memang benar, tetapi cermat sebelum mengkonsumsi jauh lebih penting.

Salam

DhaVe
Ka290711,0815

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. hardi45 said: Wortel dan tomat yang dijus pasti mengandung banyak vitamin C. Nyatanya sejak makan jus tomat dan wortel secara teratur, semua sariawan hilang lenyap!

    terbukti kasiatnya.. πŸ˜€

  2. saradhu said: sebetulnya, kandungan vit C yang paling banyak justru ada di buah Pepaya.. murah meriah khan? ga perlu di masak juga..tinggal tanam di kebun belakang.. hehehe…

    di usi wan tosen juga banyak..di warung tersedia hehehe…tapi mahal

  3. ninelights said: iya..dgr2 anjuranny mmg dimakan mentahan.eh dijus masih ada ga vitaminnya?

    Wortel dan tomat yang dijus pasti mengandung banyak vitamin C. Nyatanya sejak makan jus tomat dan wortel secara teratur, semua sariawan hilang lenyap!

  4. ninelights said: iya..dgr2 anjuranny mmg dimakan mentahan.eh dijus masih ada ga vitaminnya?

    sebetulnya, kandungan vit C yang paling banyak justru ada di buah Pepaya.. murah meriah khan? ga perlu di masak juga..tinggal tanam di kebun belakang.. hehehe…

  5. ninelights said: iya..dgr2 anjuranny mmg dimakan mentahan.eh dijus masih ada ga vitaminnya?

    yups betul..jus…masih ada…jus cuma memudahkan penyajian dan mencernanya…

  6. sulisyk said: leleti sariawannya dengan ulegan lombok hag hag hag **ora mari malah gulung koming**

    betoool…haahaaa

  7. rembulanku said: artine sayuran lebih lengkap vitaminnya kalo dilalap mentahan ya masxxixixixi

    bisa juga begitu…. hehehe πŸ˜€

  8. smallnote said: Bagaimana dengan nenas, Bung Dhave?

    nenas mentah….wow…mantabs…selain nenas…saya ragu hehehe πŸ˜€

  9. trangtravel said: setuju banget Mas Dhave, kadar besi pada bayem tidak sehebat yg dihebohkan Popeye, kubis/kol lebih tinggi kadar besinya..

    nah loh…. terbukti kan…. apaagi gigit tiang telpon…banyak sekali zat besinya πŸ˜€

  10. poniyemsaja said: nyeplus lombok.. untuk menambah asupan vitamin c… πŸ˜€

    sepakat…tapi pedes πŸ™

  11. siasetia said: jadi makannya gimana mas dhave?

    kaya kambing ajah..mentahan heheheh

  12. siasetia said: satuuuuuuuuuuuuuuu

    toreeeeennnn

  13. iya..dgr2 anjuranny mmg dimakan mentahan.eh dijus masih ada ga vitaminnya?

  14. artine sayuran lebih lengkap vitaminnya kalo dilalap mentahan ya masxxixixixi

  15. leleti sariawannya dengan ulegan lombok hag hag hag **ora mari malah gulung koming**

  16. Bagaimana dengan nenas, Bung Dhave?

  17. setuju banget Mas Dhave, kadar besi pada bayem tidak sehebat yg dihebohkan Popeye, kubis/kol lebih tinggi kadar besinya..

  18. nyeplus lombok.. untuk menambah asupan vitamin c… πŸ˜€

  19. jadi makannya gimana mas dhave?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...