Dapat Duit 20juta dari Cicak Kurap

Sedang asik mendengarkan Pak Dosen melantunkan dongeng ilmiah, tiba-tiba hengpong berbunyi menandakan ada pesan singkat. New message dan OK ditekan ” selamat anda memenangkan Honda Jazz…” sender ”nomer Telkomsel”. Singkat padat, jelas, dan terpercaya sepertinya isi pesan singkat tersebut, sehingga membuat terlena untuk memaki-maki pengirimnya. Tanpa babibu langsung reply ”Gan maaf ya… boleh ditukar Honda Kroncong apa Campursari, sebab saya kurang suka ama jazz”, dan tak ada respon seperti itu.

Merem melek membayangkan pengirim pesan tersebut saat mendapat balasan. Teringat sekian waktu lalu saat masih menjadi antek Jepang demi sekeping recehan rupiah. Siang bolong telpon genggam berdering dan nomer asing muncul dilayar hengpong.
”ya haloow…selamat siang…” sapa saya.
”selamat siang Bapak.. anda memenangkan undian dari Indosat”
”horeee… benerkah…..!!!!” teriak saya.
”iya bener bapak…. selamat ya….?”
”oke..oke…syaap dah…” sambut saya
”kalo boleh tahu, ini dengan bapak siapa, alamatnya dimana dan pekerjaan apa…?” tanya penelepon
”Nama saya Prawiro Sastro, alamat Salatiga, pekerjaan juragan kapal nelayan”.

Terjadi perbincangan sesaat dengan Nama, alamat dan pekerjaan saya. Biar meyakinkan rada ngebas dikit suaranya biar kaya orang kere mendadak. Sang penelepon yang mengaku Rudi terus saja nerocos dengan rayuan gombalnya dan semakin menunjukan kebodohannya. ”Bego ama nie orang, masak di Salatiga jadi juragan kapal ” mungkin pikirnya saya biasa mengarungi Laut Rawa Pening. Hampir 15 menit saya dipuji-puji dari pekerjaan, status, hingga keberuntungan saya mendapatkan hadiah uang tunai 100 juta dari Indosat.

Kadal bungtung mau dicicakin sepertinya dan sudah bisa saya tebak. Si cicak kurap minta nomer rekening saya dan pembicaraan sudah menginjak menik ke 32. Saya bilang aja, saya punya nomer rekening dibank terpercaya dan member platinum ”mbuh itu apa yang penting sombong dan meyakinkan”. Sekarang yang terlena suara emas Rudi dengan gombalan ala kadal buntung. Suara ramah dan melas Rudi muncul saat menanyakan rekening saya dan menyruh saya mentransfer sejumlah uang sebesar 25 juta. Busyet 25 juta, berlagak sok jadi juragan yang congkak, kikir dan sombong saya menyanggupinya.

”ok uang saya transfer, saya on the way di bank dulu, bisa dimatikan karena musti nyetir, maklum supir istrinya lagi lahiran”. Tut..tut.. di awali ”nanti 15 menit saya hubungi lagi. Mutar otak gimana cari cara ala buaya darat memamah mangsa, lagian dikantor juga gak aeda kerjaan. Yeah ”NEED FOR SPEED” nyalakan dan ambil mobil sedan biar rada bergengsi, masak juragan ikan nyetir pick up sambil diiringi tembang kenangan Betharia Sonata. Nampaknya tak sabar nie Rudi dan tak mau kehilangan sasaran bualannya sudah menelpon lagi. Suara mobil agak dikerasakan sambil winamp mendendangkan ”pulangkan saja,,aku pada ayahku…atau…”.

Senyum culas melintas di benak saya disaat sambil nyetir dengan hanya mencet panah atas, kanan dan kiri saja. Masih saja ada yang percaya dengan tipu muslihat sepertini, namun bingung saat saya pura-pura sudah samapai di ATM. ”maaf telpon bisa dimatikan, saya musti konsentrasi parkir mobil, takut beset nyenggol” tut..tut..tut.. Tak lama berselang, nongol lagi ntuh nomer Rudi cicak kurap, terpaksa layani saja.

”bapak sudah di ATM….?” tanyanya lembut
‘sebentar masih antree 1 orang nie… sabar ya.. orang mau dapat hadiah musti sabar… oke siap..”
”Sekarang masukan kartu lalu ketik pin, ketik transfer…oke sudah bapak..?” tanya si kurap gombal.
”sudah…nie sudah tak pencet…” pura-pura bigung.
”sekarang ketik angka sekian…sekian…sekian… sudah bapak..?”
”sampun pak..” variasi pake bahasa Jawa biar kelihatan lugu.
”kalo sudah.. masukan angka 2000000 lalu tekan OK”
”sudah pak..sudah saya pijet ini…”
”kok belon nampak dikomputer kami…mungkin bapak salah”

Panduan ATM berlangsung berkali-kali dan nampaknya si Rudi tolol sudah geram lalu tanya.
”maaf bapak, kira-kira saldo rekening bapak ada berapa..?”
”wadalah Pak cilaka… masih Rp 52.150,75 gimana ini, saya kira Pak Rudi yang mau kirim saya 100 juta dicicil 20juta dulu”.
Semakin geram sepertinya, lalu meminta saya mencari pinjaman duit ke sodara, kolega, atau siapalah buat nebus 100juta.
”pak gimana kalo kapal saya digadaikan dulu, lakulah karo 70 juta kan lumyan biar bisa nebus 100juta”. mencoba membangkitkan semangat Rudi yang pudar biar genap 60 menit nelpon.

Dari gadai kapal, gak jadi karena pegadaian tidak punya dermaga. Mau gadai rumah, gak jadi karena saya kontrak, mau gadai motor kok masih kredit, akhinya solusi terakhir ”kalao saya digadaikan laku berapa ya Pak Rudi….. endaaaang……..kena gigi uang kembali Om…..” ala suara Banci. Tut…tut…tut dan tak ada panggilan, disaat iseng saya miss call ternyata masih aktiv. Ya pesan singkat ajah terkirim ”Pak Rudi tolong nomer teman saya dikerjani, kartu haloo nie nomernya …”. Boss judes saya saya rekomendasikan aja biar digarap ama cicak kurap, sapa tau berhasil kan dapat persenan hahahahaha…… ”lumayan 20 juta canon 5D euy…”

Kamar Ademku, 25 08 2010, 17:30

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    >Om Boljug; weh sampe mendem iku hahaha..hajr terus sajah…>mas Andi; ancen pake poool>Brow Minority; haha…cuma ke inget ahaj kok>Ma Setia; cie tokek……komodo ajah

  2. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    hhehe ganti ah tokek :p

  3. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    wkakakakak lucu mas….:D

  4. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    Rudi goblok

  5. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    pernah juga aku ngerjain orang kayak gitu…..3 hari Dhave gue sedot pulsanya =))

  6. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    mo Wit, sadis ya Mo hehe…

  7. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    sadisssssssssssssss

  8. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    sist Ave,dihajar kadal hehe cak Nono,wehehe juga dah om Johan,kasihan ya sebenarnya hehe kenapa musti ngadalin sesamanya..

  9. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    Hahahahah kapok penipunya dibodoh2in

  10. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    Wekekekekekeeke

  11. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    Wah, boleh nih 😀

  12. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    om Havi, wah bs masuk bui om.. mba Endah,dan metering nol of ngapusi mas sulis,tak kei tombo racoon kabeh wis…

  13. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    wuakakakakakakakanek wes entuk satus yuta aku ditumbaske lensa pis ai seri K ya om :))

  14. dhave29 said: mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

    lha yo ngapusi kie yo butuh seni…. “the art of ngapusi”… yen ngono-ngono thok.. ga bakal entuk korban….

  15. mba Endah, wuahaha.. buaya cicak dan kadal ala prawiro sastro.. jian meh ngapusi kok ya rena2lelakune…

  16. kyahahahhaa…. buaya dikadalin… kadal di cicak-in… **ngekek aku sambi bayangin ekspresinya mas Prawiro Sastro, n ekspresinya mas Rudi**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...