Tulang si Moly Ketuker Berkat Hajatan

Kebiasaan di Desa jika ada hajatan, kematian, kelahiran anak, ulang tahun pasti mengadakan selamatan. Selamatan bertujuan untuk meminta doa-doa sebagai wujud syukur atau permohonan. Aneka menu disajikan dalam hidangan selamatan, seperti; jajan pasar, ayam ingkung (ayam jantan yang dimasak utuh), sayur, ikan asin, dan masih banyak lagi. Para undangan adalah tetangga sekitar atau wilayah RT dan sodara-sodara dekat.

Selamatan dipimpin oleh seoarang yang dianggap tua, sepuh atau pemuka agama. Lantunan doa-doa berkumandang seantero ruangan sambil plirak-plirik menu makanan. Selesai doa dilantunkan dan ditutup, tiba saatnya tukang jagal beraksi. Dengan modal kobokan, maka Ingkung ”ayam jago yang dimasak utuh” dimutilasi menjadi beberapa bagian kecil. Nasi 1 piring dengan cuilan ingkung diberikan kepada tamu undangan. Setelah semua rata mendapatkan bagian nasi dan ingkung, kemudian dilanjutkan makan bersama dengan lauk pauk yang tersedia.

Kebiasaan saya dan sudah dihapal oleh para tetangga adalah mengumpulkan tulang belulang dari ayam ingkung buat so Moly, anjing kesayangan. Tanpa komando, tukang jagal sudah merapikan tulang belulang untuk diserah terimakan kepada saya untuk oleh-oleh si Moly.. Akhir selamatan adalah membagi-bagikan berkat ”makanan (nasi, lauk pauk dan buha) yang dibungkus untuk dibawa pulang. Para tamu undangan juga diperkenankan membawa semua yang dihidangkan dan memasukan dalam berkat tersebut.

Nah sebuah kesempatan, saya memasukan daging-daging beserta tulang yang tidak kemakan untuk si Moly dirumah, dan sayang jika dibuang. Akhirnya 1 kantong plastik penuh dengan daging ayam dan tulang-tulang plus berkat siap untuk oleh-oleh Moly. Disaat keluar dari pintu rumah yang punya hajatan, clingak-clinguk cari sandal yang berserakan. Berkat diletakan dulu lalu sibuk cari sandal dan akhirnya ketemu juga.

Pulang dengan perut kenyang disambut Moly yang kelaparan.
”nie tulang buat kamu, tak jamin mules-mules” sambil buka berkat.
”cilaka…tulangnya ilang”obrak-abrik berkat.
”waduh ketuker nie berkat..cilaka…cilaka…”
”maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.
Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

Salam

DhaVe
pH Shirashu, 14 April 2010, 11:30

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. udelpot said: iuuuuuuuh ………………..

    hahaha….. jos….sedep tenan

  2. dhave29 said: trus hap dengan lahap…

    iuuuuuuuh ………………..

  3. udelpot said: wuikikikikiki …

    trus hap dengan lahap…

  4. dhave29 said: tinggal di angetin dikit ya Ki…

    wuikikikikiki …

  5. agnes2008 said: Ga gudhiken to? haha

    aman..aman…. 2 kali sehari mandi…. plus shampooo…. milik ndoro-nya…malah ndorone kadang kliru pake sampo kirik…..

  6. dhave29 said: anjing kampung aja mBak…. hehe πŸ˜€

    Ga gudhiken to? haha

  7. simbokdhe said: adih kasihan si Molly, emang anjing jenis apa Dhave? anak-anakku jenisnya shih tzu …

    anjing kampung aja mBak…. hehe πŸ˜€

  8. marpleholmes said: hihihi… kata Moly: rezeki emang nggak kemana… πŸ™‚

    hahaha..tapi udah terlanjur jeh

  9. smallnote said: Hahaha… Lantas apa yang akan dimakannya? :-))

    adih kasihan si Molly, emang anjing jenis apa Dhave? anak-anakku jenisnya shih tzu …

  10. smallnote said: Hahaha… Lantas apa yang akan dimakannya? :-))

    hihihi… kata Moly: rezeki emang nggak kemana… πŸ™‚

  11. smallnote said: Hahaha… Lantas apa yang akan dimakannya? :-))

    so moly ama rndang dan ikan asin rempeyek…yang nuker dapat tulang belulang…

  12. yswitopr said: hahahahahahahaha…tobat teunan…

    pool polan ciloko…..

  13. agnes2008 said: mana postinganmu ???

    iseh ngendon mBak…..belom netes mBak…..

  14. lugusekali said: ya ampuuuuun…. cilaka… bener-bener cilaka….

    moly ku malang…… maafken yang nuker yah….

  15. ndiphe13 said: untung isih ono tulange…. lha nek ceting ceting tok opo ra ciloko…

    ciloko lima belas mas Andi….

  16. alexandraprisnadiani said: haduh…semoga dimaafkan segala dosa-dosanya…

    Moly..dosa kita di maafkan…..

  17. weebisons said: haduuuhhh…. jadi ketawa2 sendiri di kantor … :))Ngebayangin muka org yg bawa tulang2 buat Molly ….

    iay Om..pulang cengar-cengir sambil ngemut tulang….

  18. lalarosa said: hahahahhaha….. teganya yg nuker :)))

    apesnya…yang pasti…

  19. siasetia said: hhahahhahahaha…ga dibalikin lagi apa?

    terlanjur dimakan…jeh

  20. gapaiimpian said: Hahaha berkat tulang namanya…

    iyah mBak…kasihan yah

  21. sulisyk said: yang yang bawa pulang tulang langung tahu siapa suspectnya hahahaha

    langsung jadi tersangka….cilaka….

  22. udelpot said: makanya … mending disimpen di perut atau di tenggorokan, kayak burung, nah kalo dah nyampe sangkar, muntahin kembali ..

    tinggal di angetin dikit ya Ki…

  23. agnes2008 said: wakakakaka… wong tadi aku lihat sengaja kamu tuker kok… :p

    weh.. ndak iya mBak..waduh..kasihan si Moly….

  24. adietoro said: lah kalo tau yg bawa tulang pasti buat moly kan mending dianterin ke rumah mu hahahaha trus tukeran hua hua hua

    maunya Om.. terlambat sudah….

  25. jarody said: sing jenenge berkat yo tetep ae berkat, pun isine lulang yo tetep ae jenenge berkat…mugo-mugo wae yo angsal berkat saking Gusti, pun lulang..jkakak

    berkat balungan mBah,,,,,,

  26. ndiphe13 said: untung isih ono tulange…. lha nek ceting ceting tok opo ra ciloko…

    Hahaha… Lantas apa yang akan dimakannya? :-))

  27. ndiphe13 said: untung isih ono tulange…. lha nek ceting ceting tok opo ra ciloko…

    hahahahahahahaha…tobat teunan…

  28. ndiphe13 said: untung isih ono tulange…. lha nek ceting ceting tok opo ra ciloko…

    mana postinganmu ???

  29. dhave29 said: maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

    ya ampuuuuun…. cilaka… bener-bener cilaka….

  30. dhave29 said: maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

    Ha,ha,ha,ha! Ini beruntung atau malah buntung?

  31. dhave29 said: maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

    untung isih ono tulange…. lha nek ceting ceting tok opo ra ciloko…

  32. dhave29 said: maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

    haduh…semoga dimaafkan segala dosa-dosanya…

  33. dhave29 said: maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

    haduuuhhh…. jadi ketawa2 sendiri di kantor … :))Ngebayangin muka org yg bawa tulang2 buat Molly ….

  34. dhave29 said: maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

    hahahahhaha….. teganya yg nuker :)))

  35. dhave29 said: maaf Moly..dah nie kamu makan rendang ama rempeyek ajah”.Bukan masalah kehilangan tulang atau berkat ketuker, tetapi cilaka yang dapet tulang-tulang itu, bisa ditertawakan orang rumah.

    hhahahhahahaha…ga dibalikin lagi apa?

  36. dhave29 said: @Om Adit; makane…. yang jadi masalah mereka sudah pada tahu kalo yang bawa tulang itu saya hahahaha….. Moly manyun hahaha.. cuma nggrogoti ikan asin sampe ngiler….

    Hahaha berkat tulang namanya…

  37. dhave29 said: @Om Adit; makane…. yang jadi masalah mereka sudah pada tahu kalo yang bawa tulang itu saya hahahaha….. Moly manyun hahaha.. cuma nggrogoti ikan asin sampe ngiler….

    yang yang bawa pulang tulang langung tahu siapa suspectnya hahahaha

  38. dhave29 said: @Om Adit; makane…. yang jadi masalah mereka sudah pada tahu kalo yang bawa tulang itu saya hahahaha….. Moly manyun hahaha.. cuma nggrogoti ikan asin sampe ngiler….

    makanya … mending disimpen di perut atau di tenggorokan, kayak burung, nah kalo dah nyampe sangkar, muntahin kembali ..

  39. dhave29 said: @Om Adit; makane…. yang jadi masalah mereka sudah pada tahu kalo yang bawa tulang itu saya hahahaha….. Moly manyun hahaha.. cuma nggrogoti ikan asin sampe ngiler….

    wakakakaka… wong tadi aku lihat sengaja kamu tuker kok… :p

  40. dhave29 said: @Om Adit; makane…. yang jadi masalah mereka sudah pada tahu kalo yang bawa tulang itu saya hahahaha….. Moly manyun hahaha.. cuma nggrogoti ikan asin sampe ngiler….

    sing jenenge berkat yo tetep ae berkat, pun isine lulang yo tetep ae jenenge berkat…mugo-mugo wae yo angsal berkat saking Gusti, pun lulang..jkakak

  41. dhave29 said: @Om Adit; makane…. yang jadi masalah mereka sudah pada tahu kalo yang bawa tulang itu saya hahahaha….. Moly manyun hahaha.. cuma nggrogoti ikan asin sampe ngiler….

    lah kalo tau yg bawa tulang pasti buat moly kan mending dianterin ke rumah mu hahahaha trus tukeran hua hua hua

  42. @Om Adit; makane…. yang jadi masalah mereka sudah pada tahu kalo yang bawa tulang itu saya hahahaha….. Moly manyun hahaha.. cuma nggrogoti ikan asin sampe ngiler….

  43. kasihan bgt tuch yg dapat tulang2, pasti mengumpat2 + mengguguk kayak moly hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...