Gaji Cleaning Service Setara dengan Gaji Manager

Muda kaya raya, dikelilingi wanita, foya-foya, hidup sejahtera, tua mati masuk surga. Siapa yang tidak suka dan bercita-cita menjadi anaknya juragan minyak yang berlimpah harga. Tanpa harus kerja, meres keringat, dengkul jadi otak, otak jadi dengkul atau tergopoh-gopoh jadi kuli. Semua bekerja demi mendapatkan kesejahteraan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Bahkan ada yang menimbun jerih payahnya untuk mendapatkan sebuah kekayaan materi.

Semua rela bekerja membanting tulang dalam rangka mendapatkan materi yang diincarnya. Baik halal maupun haram dilakukan untuk bisa mensejahterakan diri. Dalam kitab suci dikatakan, jangan makan kalau tidak kerja, atau belajarlah dari semut dalam bekerja. Dalam urusan ini, maka konteks kerja dijadikan alasan mengapa orang menginginkannya. Orang sekolah tinggi-tinggi beradu kepintaran agar nantinya dapat bekerja dengan layak dan bisa mendapatkan materi.

Bagaimana jika tidak bekerja tetapi bisa memperoleh materi?. Ini bukan konteks memelihara tuyul atau babi ngepet, sebab dengan cara magic juga memerlukan kerja keras untuk mendapatkan uang. Ini benar-benar tanpa kerja, tanpa meras keringat tetapi mendapatkan gaji/uang yang halal. Nah siapa yang tidak bahagia dengan tawaran tersebut, bisa duduk ongkang-ongkang tetapi dapat duit yang halal. Apakah semua orang bisa menerima keadaan ini dala rangka mendatkan uang/materi.

Masing ingat dengan beberapa perwira non job yang ada di Mabes Polri. Tanpa ada tugas, tanggung jawab, hanya ngantor tiap hari dan akhir bulan menerima gaji. Bagi orang yang melihat, enak juga ya kongkow-kongkow dapat gaji tetap tiap bulan. Banyak orang menginginkan tetapi bagi anggota Polri tidak demikian adanya, sebuah pekerjaan tanpa ada tanggung jawab terhadap tugas yang diembanya sungguh menyiksa batin. Tidak mungkin dikatakan gaji buta, karena tiap bulan sudah digaji negara.

Alkisah di sebuah kantor saya beberapa waktu yang lalu. Sebuah kejadian tragis terjadi, entah apa awal dari masalah itu timbul tidak ada yang paham, hanya aras pimpinan yang tahu. Salah satu Manager di non job kan dari kursi jabatannya, dimana Beliau akan di gaji dengan standar manager, tetapi bebas dari tugas dan tanggung jawabnya. Terserah beliau mau apa, mau masuk, mau kerja, mau tidur-tiduran terserah tak ada masalah. Bagi yang tidak tahu menahu, maka akan bersorak sorai dan segera cari pekerjaan baru, sebab nganggur saja sudah digaji. Tetapi apa yang terjadi, Manager tadi tiap pagi membantu cleaning servis bersih-bersih kantor, sedang siangnya membantu satpam untuk mengatur lalulintas kendaraan pabrik.

Sungguh tragis yang terjadi, beberapa karyawan yang melihat trenyuh dengan apa yang terjadi. Sebuah kondisi ketidaknyamanan diciptakan perusahaan agar Manager tadi segera anggkat kaki dengan sendirinya tanpa harus ada surat PHK. Tidak tahu mengapa, manager tersebut tetap kerja apa yang bisa dikerjakannya. Bahkan ada yang berseloroh, ini cleaning servis atau satpam termahal di Indonesia hahahaha…. Akhirnya kondisi semakin memburuk dimana perusahaan memberikan surat untuk merumahkan Manajer tersebut dan setelah beberapa hari ada surat pengunduran diri masuk di meja pimpinan.

Sungguh beban moral tersendiri tentunya, tanpa tugas dan tanggung jawab tetapi mendapatkan penghasilan yang tinggi. Mungkin bagi orang yang belum pernah merasakan sebuah pekerjaan tentang arti tugas dan tanggung jawab akan lenggang kangkung bahagia, tetapi bagi yang sudah merasakan asam garamnya pekerjaan akan menjadi beban moral tersendiri.

Dalam sebuah kitab suci dikatakan; Tuhan jangan jadikan aku kaya atau miskin, biarkan aku menikmati apa yang menjadi bagianku. jadikan aku orang yang jujur dan jauhkan dari kecurangan, agar disaat kelimpahan aku ingat Engkau dan saat kekurangan tidak mencemarkan namaMu.

Selamt bekerja dan berkarya, nikmati dan syukuri apa yang menjadi bagianmu.

Salam

DhaVe
Meja Kerja; 25 Februari 2010, 12:00

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. yswitopr said: lho… kok malah dikoreksi ulang?

    >Vanco; thanks…. warm regards from Indonesia

  2. yswitopr said: lho… kok malah dikoreksi ulang?

    Nice post. I enjoy this post gorgeously with all of my friends. Really nice.thanks.Good information here. I really enjoy reading them every day. I’ve learneda lot from them.vancouver appliance repair

  3. yswitopr said: lho… kok malah dikoreksi ulang?

    biar tahu sukur dan syukur hehehe 😀

  4. smallnote said: Aku sendiri melihat secara pribadi adalah hal yang sederhana. Kesederhanaan akan menuntut kita kepada hal yang positif: menerima dan mensyukuri.

    ahay.. sayah setujuh Sist,,,,

  5. smallnote said: Terbukti sudah: Tuhan adalah yang paling kuat di antara makhluk yang paling kuat di semesta raya.

    bener Sist… Dialah segalanya….

  6. lilywagner said: Ayat2 yg sangat bagus untuk refleksi Bro!Kita memang perlu bersyukur dgn semua yg telah menjadi bagian kita.

    Yups mBak…mari bersyukur dalam segala hal…

  7. ariesnawaty said: “nikmati dan syukuri apa yang menjadi bagianmu.”quote of the day…tfs mas…

    kembali kasih mBak…

  8. dhave29 said: koreksi ulang,,,,

    lho… kok malah dikoreksi ulang?

  9. dhave29 said: Dalam sebuah kitab suci dikatakan; Tuhan jangan jadikan aku kaya atau miskin, biarkan aku menikmati apa yang menjadi bagianku. jadikan aku orang yang jujur dan jauhkan dari kecurangan, agar disaat kelimpahan aku ingat Engkau dan saat kekurangan tidak mencemarkan namaMu.

    Aku sendiri melihat secara pribadi adalah hal yang sederhana. Kesederhanaan akan menuntut kita kepada hal yang positif: menerima dan mensyukuri.

  10. dhave29 said: Dalam sebuah kitab suci dikatakan; Tuhan jangan jadikan aku kaya atau miskin, biarkan aku menikmati apa yang menjadi bagianku. jadikan aku orang yang jujur dan jauhkan dari kecurangan, agar disaat kelimpahan aku ingat Engkau dan saat kekurangan tidak mencemarkan namaMu.

    Terbukti sudah: Tuhan adalah yang paling kuat di antara makhluk yang paling kuat di semesta raya.

  11. dhave29 said: Tuhan jangan jadikan aku kaya atau miskin, biarkan aku menikmati apa yang menjadi bagianku. jadikan aku orang yang jujur dan jauhkan dari kecurangan, agar disaat kelimpahan aku ingat Engkau dan saat kekurangan tidak mencemarkan namaMu.

    Ayat2 yg sangat bagus untuk refleksi Bro!Kita memang perlu bersyukur dgn semua yg telah menjadi bagian kita.

  12. bambangpriantono said: Asal jo banjir maksiat wae…eh, wis yo? wkwkwkwkwkkk

    “nikmati dan syukuri apa yang menjadi bagianmu.”quote of the day…tfs mas…

  13. bambangpriantono said: Asal jo banjir maksiat wae…eh, wis yo? wkwkwkwkwkkk

    hahaha setuju om mBamb…

  14. lugusekali said: Wow… Kenapa tuh ya??Utk krj si manager yang jadi CS ama Satpam ntu dulunya beres atau gak mas di kantor?Kok aneh ya????

    wah gak atau aku asal muasalnya…. konteksnya kerjaan ma gaji hehehe”ngumpet dulu, moga orang kantor gak ada yang baca”

  15. dhave29 said: malah ngekek…ayoh nyanyi bareng,,,, men Semarang banjir

    Asal jo banjir maksiat wae…eh, wis yo? wkwkwkwkwkkk

  16. larass said: iya, bersyukur :)thanks

    Wow… Kenapa tuh ya??Utk krj si manager yang jadi CS ama Satpam ntu dulunya beres atau gak mas di kantor?Kok aneh ya????

  17. larass said: iya, bersyukur :)thanks

    kembali kasih Dah…salam:D

  18. larass said: huuh….emang begitu hehe

    iya, bersyukur :)thanks

  19. larass said: huuh….emang begitu hehe

    ikut bersyukur donk… 😀

  20. dhave29 said: cukup dengan senyum dan terimakasih, makan 4 sehat 5 sempurna 3kali sehari pulsa penuh hahaha……manteb

    huuh….emang begitu hehe

  21. larass said: lah kalau aku mah jarang di gaji je hehehe soale kerjo karo mbak ayune dewek hehehe

    cukup dengan senyum dan terimakasih, makan 4 sehat 5 sempurna 3kali sehari pulsa penuh hahaha……manteb

  22. lalarosa said: banyak orang (termasuk aku) mengeluh, kerja pangkat jendral gaji koprallah kenyataannya banyak banget yg kebalik2nuwun mas udah diingatkan untuk bersyukur 😀

    sami-sami mBak….mari kerja dan berkarya….

  23. sulisyk said: golek gaweyan apa menciptakan gawean om?? yuk yuk yuk drpd jadi celaning service termahal di indonesia hehehehe

    lah kalau aku mah jarang di gaji je hehehe soale kerjo karo mbak ayune dewek hehehe

  24. sulisyk said: golek gaweyan apa menciptakan gawean om?? yuk yuk yuk drpd jadi celaning service termahal di indonesia hehehehe

    banyak orang (termasuk aku) mengeluh, kerja pangkat jendral gaji koprallah kenyataannya banyak banget yg kebalik2nuwun mas udah diingatkan untuk bersyukur 😀

  25. sulisyk said: golek gaweyan apa menciptakan gawean om?? yuk yuk yuk drpd jadi celaning service termahal di indonesia hehehehe

    ayoh… depan kantorku ada Om… menciptakan gawean …..

  26. yswitopr said: jadi tahu artinya syukur dan sukurmakasieh, mas!

    golek gaweyan apa menciptakan gawean om?? yuk yuk yuk drpd jadi celaning service termahal di indonesia hehehehe

  27. yswitopr said: jadi tahu artinya syukur dan sukurmakasieh, mas!

    jadi malu akuh,,,koreksi ulang,,,,makasih Mo…..

  28. elok46 said: emang kemarin jadi bikin puding towaaaaah ak ora diwenehi

    cukup 1 porsi sajah kok….alone, egois hahaha..limited edition

  29. bambangpriantono said: Wkwkwkwkwkwkwkkk….

    malah ngekek…ayoh nyanyi bareng,,,, men Semarang banjir

  30. dhave29 said: mesti sambi nyanyi ki Om mBamb… hayooh ngaku?

    jadi tahu artinya syukur dan sukurmakasieh, mas!

  31. dhave29 said: mesti sambi nyanyi ki Om mBamb… hayooh ngaku?

    emang kemarin jadi bikin puding towaaaaah ak ora diwenehi

  32. dhave29 said: mesti sambi nyanyi ki Om mBamb… hayooh ngaku?

    Wkwkwkwkwkwkwkkk….

  33. rirhikyu said: hukum rimba berlaku ..huehehehe

    strugle for life mBak….

  34. ariesnawaty said: “Selamt bekerja dan berkarya, nikmati dan syukuri apa yang menjadi bagianmu.”quote of today….tfs mas dhanang….:D

    Makasih mbak Riesna….yups…. mari….

  35. dhave29 said: iyah, makanya saya diam cari selamat hahaha 😀

    hukum rimba berlaku ..huehehehe

  36. rirhikyu said: Yups… tp pasti ada sebab dan akibatnya knapa bisa gitu bukan?Yahhh itulah dunia.*tak ingin berburuk sangka sama kedua pihak (manager-perusahaan)

    iyah, makanya saya diam cari selamat hahaha 😀

  37. elok46 said: mas danang kiewakakaka dasar weeeeeekssokor wingi pedesen wakakakmari berkarya masmenghargailakukan-jangan sesali-selesaikanJoss pol

    hahaha…. wes gak neh..tak siram puding langsungcesssss… adeeeemahay..mari mari….siiip pertamax

  38. dhave29 said: yah itulah yang terjadi, sadis(liat sisi Dianya, tapi ndak tau sudut pandang atasan, mungkin lebih manusiawi daripada masuk bui)

    “Selamt bekerja dan berkarya, nikmati dan syukuri apa yang menjadi bagianmu.”quote of today….tfs mas dhanang….:D

  39. dhave29 said: yah itulah yang terjadi, sadis(liat sisi Dianya, tapi ndak tau sudut pandang atasan, mungkin lebih manusiawi daripada masuk bui)

    Yups… tp pasti ada sebab dan akibatnya knapa bisa gitu bukan?Yahhh itulah dunia.*tak ingin berburuk sangka sama kedua pihak (manager-perusahaan)

  40. bambangpriantono said: Syukuri aapa ya aada, hidup adalah aanugerah, tetap jalanii hidup iini, melakukaan yang teerrbaiik(wkwkwk)

    mesti sambi nyanyi ki Om mBamb… hayooh ngaku?

  41. rirhikyu said: ngenes baca yg manager.

    mas danang kiewakakaka dasar weeeeeekssokor wingi pedesen wakakakmari berkarya masmenghargailakukan-jangan sesali-selesaikanJoss pol

  42. rirhikyu said: ngenes baca yg manager.

    yah itulah yang terjadi, sadis(liat sisi Dianya, tapi ndak tau sudut pandang atasan, mungkin lebih manusiawi daripada masuk bui)

  43. agnes2008 said: Matur nuwun Gusti….

    Syukuri aapa ya aada, hidup adalah aanugerah, tetap jalanii hidup iini, melakukaan yang teerrbaiik(wkwkwk)

  44. agnes2008 said: Matur nuwun Gusti….

    ngenes baca yg manager.

  45. agnes2008 said: Matur nuwun Gusti….

    ikut ngintil… syukuran bareng,,,

  46. elok46 said: maksudnyaaku yang pertama kasih komentar wekekeke

    hahaha…..3 kali berturut-turut dapat pepes Gurame ama puding hehehe

  47. elok46 said: karena tanggung jawab itulah kita dapat merasakan arti sebuah pekerjaan, coba jika kita tak punya tanggung jawab disalahkan ganti mencari kambing hitam, diberi saran tak menerima karena dia merasa sudah benar.Tanggung jawab lahir dari diri kita bagaimana kita dituntut untuk menghargai sebuah keputusan apapun itu.Nice post 🙂

    ahay..ni yang kunantikan, tugas dan tanggung jawab yang dihargai….mari berkarya..tenkyu mBak Elok

  48. elok46 said: pertamanya

    Matur nuwun Gusti….

  49. elok46 said: pertamanya

    maksudnyaaku yang pertama kasih komentar wekekeke

  50. elok46 said: pertamanya

    karena tanggung jawab itulah kita dapat merasakan arti sebuah pekerjaan, coba jika kita tak punya tanggung jawab disalahkan ganti mencari kambing hitam, diberi saran tak menerima karena dia merasa sudah benar.Tanggung jawab lahir dari diri kita bagaimana kita dituntut untuk menghargai sebuah keputusan apapun itu.Nice post 🙂

  51. elok46 said: pertamanya

    apa iku mbak?gak paham aku…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...