Enaknya Ngantor Pakai Seragam SMA

Saatnya berangkat mencangkul diladang beton dan kebun kertas. Seperti biasa, pagi hari sudah nongkrong di pinggir jalan berharap cemas menunggu angkutan datang. Semoga bus kosong dan tersedia tempat duduk, andaikata harus berdiri bagi saya tidaklah masalah, tetapi akan menjadi masalah bagi penumpang yang lain. Barang bawaan berupa Back Pack (ransel kecil), tas kamera dan sebuah tripot bakalan mengganggu kenyamanan penumpang. Akhirnya bis datang dan ada sebuah tempat duduk di sudut pintu yang kosong “lumayan”.

Saat ditarik Ongkos, saya kasih uang 50an ribu kepada kondektur.
“mas gak ada yang kecil uangnya” tanya kondektur
“ini uang terbesar dan terkecil yang saya miliki” lah udah tanggal segini, maklum tinggal selembar sajah.
“ini mas kembalianya….”
Saya hitung, dan
“lho mas kurang 2ribu mas… kan tarifnya 3ribu”
dengan sedikit kesal, kondektur pun ngasih seribu,
“lah kok seribu? kurang seribu lagi Mas..”
Terlihat mukanya yang berlipat dan ngomel sambil dengan ketus mengulurkan uang seribuan.
“lain kali kasih uang pas Mas” celetuk penumpang disebelah saya. Kalau hari lagi ada duit, mungkin saya akan sedikit diem dan lebih lunak atau ngalah saja, karena lagi bokek apa boleh buat.

Tak lama berselang, naiklah beberapa anak SMA dengan seragam abu-abunya. Mereka mendapat tarif kusus, setengah dari tarif normal. Rerata tarif anak sekolah berkisar 1500-2000 perak. “wah enak ya.. dapat subsidi dari pemilik bus hehehe..”. Mata menerawang dijendela bus yang kusam kacanya, samar-samar terlihat masa lalu saya jikalau teringat bus dan seragam abu-abu.

Seragam abu-abu bagi saya adalah senjata sakti dalam urusan transportasi. Pernah saya rasakan tarif jauh dekat 200perak sampai terakhir 1000perak. Bagi kebanyakan siswa, seragam abu-abu adalah hal yang menjijikan, SMA banget gitu lohhh. Saat moment tertentu, ada beberapa yang merubah penampilan ala mahasiswa dan menutupi identitas abu-abunya. Apalagi saat berpergian keluar kota, atau bolos sekolah, yang dilakukan ganti kostum.

Berbeda dengan saya dan kawan-kawan seperjuangan, dimana seragam abu-abu menjadi tameng kami untuk dapat tarif murah dalam bertransportasi. Beberapa pengalaman pernah kami lakukan dengan tedeng aling-aling seragam SMA, supaya bisa jauh lebih hemat, bahkan kami tidak peduli dengan cibiran dan rasa malu, yang penting hemat dan sampai tujuan.

Suatu kali kami mendapat undangan resepsi diluar kota, jangankan uang untuk amplop, untuk transport pun tidak ada. Maka seragam SMA dikenakan biar dapat murah, trus hem dan celana disimpan di tas. Sesampai di tempat tujuan cari SPBU buat ganti kostum sekalian nitip tas kepada petugasnya (SPBU gak mungkin tutup, kan 24 jam). Akhirnya misi selesai, walaupun tidak ngamplop yang penting datang dan kenyang.

Setiap naik gunung, seragam SMA selalu menjadi andalan. Yang penting terlihat celana Abu-abu sudah bisa meyakinkan kru bus, dan kalau ditanya “mau pulang kampung Mas”. Lumayan ongkos bisa dipotong dan bisa buat yang lain. Bahkan saking bangganya, pernah suatu kali di puncak gunung kami ganti kostum dengan seragam SMA lengkap dengan topi, mirip mau upacara bendera, sebagai rasa hormat kami terhadap kesaktian warna abu-abu hehehe….

Lebih konyol lagi, pada hari minggu kami dapat undangan acara ulang tahun teman. Jangankan ngado, lah buat sampai rumahnya saja mikir naik bus pakai duit siapa. Akhirnya sepakat deh dengan seragam SMA, dah pokoke cuek dan gila habis. Yang membuat geli, kami ketauan “ngiritnya” kami oleh kondektur bus.
“lho minggu-minggu kok sekolah Mas” tanya kru bus.
“iya pak… ada tugas di sekolah” jawab kami
“lho kok gak turun di sekolah???”
“mau belajar kelompok” jawab kami…
“mau dolan ngirit ya…?” ledek kru bus sambil nyengir
“iya hahahahaha….” jawab kami sambil merah padam menahan malu, karena dilihat banyak orang.

Akhirnya sampai juga di tujuan, dirumah teman yang cukup lumayan mewah.
“blaik… ciloko..ciloko…apes..apes”
“ora sangu klambi ganti” (tak pakai baju ganti)
Kepalang tanggung, dan sudah basah nyebur dan nyelam sekalian. Banyak sekali teman-teman yang datang dengan pakaian yang cukup wah, kami mirip pengurus OSIS yang di utus pihak sekolahan. Tak bisa menyembunyikan wajah dan alasan, mau bagaimana lagi. Inilah keadaan kami yang sebenarnya dan apaadanya, hati kami berbicara. Tak satupun hadiah, kado kami berikan, hanya sebuah ucapan dan pesan
“untung kami bisa dateng, jauh-jauh dari pucuk gunung demi anda…” Sebuah keiklasan dan rasa malu kami persembahkan untuk seorang kawan.

Nah betapa hebatnya seragam SMA, bahkan saat bangku kuliah, kalau pas mentok ndak punya duit. Dari lapisan paling bawah lemari pakaian, keluar juga seragam ampuh saya agar bisa hemat di Bus.
“lho katanya Kuliah, ternyata masih SMA”
“SMA kok gondrong Mas”
“mau kuliah atau Sekolah Mas”
“turun kampus atau SMA mas”
Hahahahaha…. cuek…cuekk…. yang penting hemat dan selamat sampai tujuan

“yak kiriiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…. Mas” hampir saja kelewatan

Makasih abu-abuku… dan salam buat kawan senasib sepenanggungan…

Salam

DhaVe
Office, 30 Oktober 2009; 08:45

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @lidyajr; wah susah juga ya… ngubul di JKT hehe… iya, kereta lebih hemat… coba pake seragam, bisa separo. Biar mereka percaya..di badge lokasi dikasih tulisan “Sekolah Luar Biasa Khusus Anak Pintar” hehehe… makasih buat share-nya..

  2. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    kl di jakarta, jaman aku sekolah dulu, bis2 itu gak sopan.. jarang banget mau ngangkut anak sekolah karena bayarnya separo.. apalagi kl jam2 sibuk, beeeuuhhh, belagu bgt tuh bis.. skrg mah kl mau ngirit naik kereta, gak berani pake seragam abu2, disamping karena tampang sudah gak polos lagi, ada pemekaran di ukuran body.. hihihi..

  3. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    iya melulu boseeeen

  4. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @elok; hehe iyah…

  5. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    kok jadinya berkepanjangan hehehe

  6. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @elok… seep lah

  7. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    oke deh mas danaaaaaaaang

  8. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @elok46; iyah… iyaah…. ditunggu…

  9. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    oke deh ak tulis, sebenarnya pernah ak posting beberapa seh ya udah tunggu ya mas danang

  10. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @elok; ternyata betina yang jadi jagoan… mantab..mantab ceritanya.. kalau sma ndak nakal nyesel dah hahaha… coba dunk ditulis haha…

  11. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    tapi elok sering bikin ulah kayak membolos tembok belakang sekolah manjat pake debog pisang lah teganya temenku cowok dia pake celana el pake rok yah el melorot to hahaha akhirnya hampir ketahuan guruku e sembunyi dibekang kamar mandi dan disampingnya empang el hampir nyebur disitu waaaaaaah capek deh udah gt kejar kejaran ma anak kelas 3 cz ak nantangin dia wkwkwkw akhirnya dia naksir beeeeeeeh masa sma emang paling indah el pernah kesetrum bersama hahahaha

  12. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @elok; wehehehe…. situasi yang mengharuskan menghilangkan urat malu wehehe… muka badak telinga kebo…haha… syukur kalau ndak ngalami hehe.. 😀

  13. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @dhave : hahahaha mas danang gokilzzzzzzzz elok gak pernah naik bis seh cz sekolahnya deket hehehe kuliah juga deket ma kost jadi gak tau asyiknya rebutan tempat duduk hehehe tapi salut atas 13 muka tidak malunya mas danang hahaha

  14. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    @lave; deal hehehe 😀

  15. dhave29 said: @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

    yeess……………..dont try this at homehiiiixxxzz

  16. dhave29 said: @alexand; benerkan… lumayan, naik Sumeh kan bisa hemat hehehe… bilang aja SMA kelas 3 semester akhir hahaha…

    @lala; recycle hehe 😀

  17. dhave29 said: @alexand; benerkan… lumayan, naik Sumeh kan bisa hemat hehehe… bilang aja SMA kelas 3 semester akhir hahaha…

    @lave; udah kapok getuan hehehe… ngeri..ngeri… dont try this yachh hehehe :Dtake care too…

  18. dhave29 said: @alexand; benerkan… lumayan, naik Sumeh kan bisa hemat hehehe… bilang aja SMA kelas 3 semester akhir hahaha…

    hahahhahahha mengulang cerita lama versi baru 😀

  19. dhave29 said: @alexand; benerkan… lumayan, naik Sumeh kan bisa hemat hehehe… bilang aja SMA kelas 3 semester akhir hahaha…

    takuut bngtngeri……………honeytake care yaaah

  20. dhave29 said: @alexand; benerkan… lumayan, naik Sumeh kan bisa hemat hehehe… bilang aja SMA kelas 3 semester akhir hahaha…

    @laptopmini; seru sekali dan mengenang, yach karena keadaan yang mengharuskan untuk tetap survive… apapun yang dilakukan, termasuk ngakalin kondektur hehehe… [email protected]; wah belom sempat mencoba ya.. asyiiik loh.. “aku masih anak sekolah 1 sma” hahaha…@alexand; wah Sumeh, Majulancar, nusantara, apa maneh ya… Djati Nugroho kui wonosobo-magelang…”banjar..banjar..kerto..kertooo…sobo..sobo…manggung… tri sakti mangkat..genduuuuuuuul”

  21. dhave29 said: @alexand; benerkan… lumayan, naik Sumeh kan bisa hemat hehehe… bilang aja SMA kelas 3 semester akhir hahaha…

    asem ik…kok reti nyong sok numpak Sumeh?hehehehe

  22. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    hahahahahahahaaa… hanya ini yg bisa aku komen… haha.. seru u…!!

  23. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    Hmm.. Asyik juga ternyata masa-masa SMA.Kisah-kisah kek gitu emang susah terlupa yo mas..Hihi, sampe dibela-belain hari minggu pake seragam..

  24. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    @lave; iyah hehehe….. uuu takuuut…. kapok aku gaya getuan…[email protected]; yo mestiiiii…. senjata andalan akhir bulan… masih punya face SMA kok…”bangkotan”@mBam; ngalami juga yoh… sekali-kali ngajar pake Osis dunk…@hitung mundur; silahkan bagi resep ini ke generasi muda… halal kok dan di anjurkan… sapa tau naik pesawat juga dapat potongan [email protected]; benerkan… lumayan, naik Sumeh kan bisa hemat hehehe… bilang aja SMA kelas 3 semester akhir hahaha…

  25. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    ne’ dpikir-pikir kok iya ya?pake seragam biar kalu naik angkot dapet subsidi. yahhh lumayan lah kepotong serebu dua rebu…hehehehe

  26. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    Ide bagus. Besok harus disosialisasikan ke generasi bawah, biar awet budaya efisiennya yang penuh intelijensi ini, hehe…

  27. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    Hohoho

  28. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    wakakakakakkak.. *ketawa guling2*mpe segitunya mas, berarti kalau nanggung bulan selalu pake abu2 yee..samimawon mas.. daku juga bokek nih hehehe.. :p

  29. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    pic atas itu km yaaah honey?keren abiees dech

  30. dhave29 said: @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

    sama doong ma km honey

  31. @lave; whayoooo ngaku… hahaha…. bolos ntuh sebuah tantangan…

  32. wkwkkwkkwkkw………………..ketahuan aachhdl laven sering boloskmn2 yaaah bawa jaket di tas tinggal buuurrr…………..g kepikiran dach kl sampai rumah digebhukin ama bu’e………….halah urusan belakang yg penting duluan happynya ……………………hikkzz

  33. @sulis; wuenak men Mas…. kalo SMA ku tau sendiri toh ketate kaya apa..(byasa numero uno in solotigo…gitu looo go contooo).? cukur ala 212 wiro sableng, 2cm depan, 1 cm sampng, 2cm atas, sepatu pantopel… weleh…weleh….

  34. SMA di sekolah saya dulu seragam cuma dipakai senin sama sabtu aja, selasa sampai jumat baju bebas. Rambut gondrong jadi ciri khas kami yang membedakan dengan anak SMA sekolah lain. Di jogja tarif angkutan untuk anak sekolah dan mahasiswa sama kok mas, tapi waktu itu saya jarang juga naik angkutan, malah kadang naik sepeda kalau sangunya mefet hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...