Hunting Bersama Jurnalis Televisi, Kok Sama?

Setiap akhir pekan atau waktu tertentu, saya dan kawan-kawan komunitas penghoby atau profesional dibidang fotografi mengadakan acara untuk motret bersama, istilah yang umum dipakai “hunting”. Hunting atau berburu obyek biasa kami lakukan agar kami bisa bersama-sama mencari obyek yang bagus, bisa bertukar ilmu, belajar dari yang lebih pandai, menyuntikan ilmu/racun baru ke sesama.

Acapkali apa yang kami dapatkan berupa obyek dengan angel yang sama, fokus yang sama dan tema yang sama. Yang menjadi pembeda adalah siapa orang dibalik kamera. Foto hasil berburu, biasa kami share untuk bisa berbagi teknik, menerima sara, kritik, makian dan pujian. Ada juga yang menjadikan fotonya sebagai konsumsi publik, bisa dalam pemberitaan atau hanya sekedar dipasang halaman rumah dunia maya.

Beralih kekamar kesayangan saya, seperti biasa menjelang malam sepulang nyangkul, remot langsung saya pegang dan berita adalah menu pembuka makan malam. Pencet nomer 11, adalah stasiun favorit karena berita lebih update dan enak cara penyampaiannya. Salah satu berita yang saya lihat dan cermati adalah “murid SD di Kudus, menulis surat yang ditujukan kepada Presiden RI yang baru dilantik”. Isi suratnya kurang lebih “harapan Presiden untuk memperhatikan pendidikan, keamanan, TKI dan kesehatan rakyat. Saya dalam hati tertawa haru sekali, karena itu adalah sebuah ungkapan polos dari seorang anak Sekolah Dasar.

Jeda iklan menyudahi berita, kemudian pindah ke chanel tetangga dengan harapan dapat berita. Busyeet…. beritanya sama dengan chanel 11, yang menceritakan anak SD menulis surat untuk Presiden. Berita yang sama, dan topik yang sama. Berlalu begitu saja, sampai akhirnya berpindah-pindah channel. Pagi hari, mata masih merem melek, nyama belom kumplit kembali megang remot untuk lihat ada kabar apa. Busyet, pencetan chanel ini, menceritakan berita kemari, tetapi ini stasiun ketiga yang memberitakan.

Walhasil sambil mengusap rembes, beroleh sebuah kesimpulan, “sang journalist Hunting bersama”. Lantas apakah terjadi saling koreksi, caci maki, saran kritik, pujian, yang ada hanyalah kekonyolan kejar setorn berita. Bolehlah dan wajar apabila hunting di momment penting dan menarik, tapi ini beda kasus. Tak ada bobot pemberitaan sama sekali, bisa dibilang sebuah berita ringan dan camilan informasi.

Yang menjadi pertanyaan, nie wartawan hunting bareng buat cari berita atau kurang bahan hahahaha…lucu, padahal kalau mau kreatif dan keluar banyak sekali sumber pemberitaan yang lebih menarik dan berbobot. Lucu sekali bila dilihat dan dicermati, Republik dengan keberagaman yang sangat besar tidak bisa di explorasi. Malu sekali apabila pemebritaan seperti itu ditayangkan nasional di 3 stasiun televisi yang beritanya bisa selalu hangat.

Toko boleh beda, kenapa jualan sama, cuma beda bentuk penyajian berbeda, tak beda dengan info selebritis. Maluuuu aku.. maluuuuu

Maaf, semoga berkenan…

Salam

DhaVe
BRT, 21 Oktober 2009, 17:10

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. dhave29 said: Guyon Om

    @laptopmini; yah… mari kita guyonan saja…untuk menanggapi hal serius… daripada serius nanggapi guyonan hehehe… salam ngakan…@lala; rebutan jatah iklan kalee ya… tapi yo sing mutu setitik tah… eneg kalee rebutan rating.. berita kok kaya iklan wae.dibolan-baleni…

  2. dhave29 said: Guyon Om

    lomba rating…..dua chanel itu memang mesti sama semua kok yg satu paling murah hati karena hampir tiap jam diulang terusyg satu lagi mungkin kehabisan tempat hunting jadi muter lagi yg udah basi

  3. dhave29 said: Guyon Om

    I like Guyon..Haha, mengakui..

  4. dhave29 said: yang berbaris didinding menatapku sengsara….

    @pilar; lah betulkan…. saking konsen-nya liatin tipi sampe apal ntuh berita… hehehe… juengkel aku kalo ada berita yang sama dan gak mutu lagiii…[email protected]; sengsara gara-gara dirubung semut yang merayap didinding (just Guyon Om)… cuma sedih aja liat kekurang kreatifnya orang broadcast…@tjah;lah itu yang aku mau… setuju.. selasa syap hajar 2 model cantiku, kurang tukang poto malahan…ikud…ikuuud..kuuud?

  5. dhave29 said: yang berbaris didinding menatapku sengsara….

    mending hunting poto brg, saling menebar racoon..bar iku d cuci brg dah d empi..hehe..

  6. dhave29 said: yang berbaris didinding menatapku sengsara….

    Sengsara kepriye mas.. 😛

  7. alexamzah said: inget temen KFS klo hunting Photo…. 1 model buat krukan “Photographer” sak telek’e nDayak…. 😀 (di Carefur waktu mo hunting ke Rawa Pusing ma nDepie, dan akhirnya kita memutuskan buat beli dawet ayu aja…)

    wahahaha kirain daku aja yg merhatiin begitu..isi sama semua.. memang tak beda dengan info selebritis hahaha :pterkadang kita sampe pusing..

  8. alexamzah said: inget temen KFS klo hunting Photo…. 1 model buat krukan “Photographer” sak telek’e nDayak…. 😀 (di Carefur waktu mo hunting ke Rawa Pusing ma nDepie, dan akhirnya kita memutuskan buat beli dawet ayu aja…)

    @ndiphe; yo gak popo, asal beritane mutu…. lha beritane nggambus dan tidak berbobot je…masak go ruyukan hih….. jiyjaylah…. hehehe 😀

  9. alexamzah said: inget temen KFS klo hunting Photo…. 1 model buat krukan “Photographer” sak telek’e nDayak…. 😀 (di Carefur waktu mo hunting ke Rawa Pusing ma nDepie, dan akhirnya kita memutuskan buat beli dawet ayu aja…)

    hahahaha….janjian disit, mesti nduwe group MP dewe kui mas…nggabung yok, ben di jak bareng hunting berita…hahaha

  10. alexamzah said: inget temen KFS klo hunting Photo…. 1 model buat krukan “Photographer” sak telek’e nDayak…. 😀 (di Carefur waktu mo hunting ke Rawa Pusing ma nDepie, dan akhirnya kita memutuskan buat beli dawet ayu aja…)

    bethul kan….aku gak melok2….

  11. dhave29 said: Maluuuu aku.. maluuuuu

    @sulis; bukaaan selebar-lebarnya, lebih lebar dari 1.3, terbuka deh boongnya dan urat malunya keluar…@lave;yah..kita sealiran, tapi beda karya…@addic; anda betul Mas… beda kemasan doank…[email protected]; yang berbaris didinding menatapku sengsara….

  12. dhave29 said: Maluuuu aku.. maluuuuu

    inget temen KFS klo hunting Photo…. 1 model buat krukan “Photographer” sak telek’e nDayak…. 😀 (di Carefur waktu mo hunting ke Rawa Pusing ma nDepie, dan akhirnya kita memutuskan buat beli dawet ayu aja…)

  13. dhave29 said: Maluuuu aku.. maluuuuu

    Ada semut merah..

  14. Juedeenx.!Mereka emang kurang punya khas dalam pemberitaan. Ato jangan2 cuma kopas dari Kompas.? Huahahaha..

  15. tyt mrk sama aza ama golongan hunting km yaah honey

  16. nanya mas beritanya pakai bukaan berapa yak …:)))))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...