Potret Jalanan Ala Pejabat Negara, Akupun Meringis Iri

Hari ini, 20 oktober 2009 hajatan puncak dari sebuah pesta demokrasi berlangsung. Pelantikan Presiden dan Wakilnya, menjadi sebuah harapan baru bagi Republik ini untuk 5 tahun kedepan. Biyaya untuk hajatan juga tidak sedikit, setara dengan 9 kamera 1 digit buatan Canon. Disela-sela persiapan ada sebuah statment yang menarik, pernyataan tersebut digelontorkan oleh seorang Wapres Muhamad Jusuf Kalla.

5 Tahun Bebas Macet, adalah sebuah pernyataan Jusuf Kalla. Pernyataan tersebut juga akan dibukukan dalam waktu dekat. Mencoba sedikit berceloteh dari sebuah kalimat “5 Tahun Bebas Macet”. Sungguh indah dan syahdu apabila di Ibu Kota selama 5 tahun bebas macet, tetapi setelah melepas jabatannya tentunya akan macet selamnya.

Pejabat Negara memang mendapat sebuah prioritas utama dalam memakai fasilitas umum, termasuk jalan umum. Dalam sebuah perjalanan yang sudah ditentukan, maka sekian KM sebelum dilalui, maka jalan harus steril dulu. Jangan kan mobil yang melintas, penumpang yang sedang menunggu angkutan umumpun harus disembunyikan dibalik semak-semak oleh petugas. Lebih ngeri lagi, dimana gelandangan dan pengemis sudah jauh hari di kosek dan diciduk untuk dievakuasi ke daerah lain.

Sungguh ironis dengan kenyataan yang ada, tidak jauh berbeda dengan pada jaman kerajaan dahulu. Seperti film “Saur Sepuh, Angling Dharma” atau sejenisnya, saat sang raja lewat diatas kereta atau tandunya, rakyat harus sujud menyembah dipinggir jalan dengan muka tertunduk. Saat orde baru, mungkin waktu saya masih SD ada sebuah momment yang tidak terlupakan. Saat ada pejabat lewat, Pak Camat, Bupati atau Gubernur, sekolah dipulangkan awal. Bukan pulang kerumah masing-masing, tetapi harus baris rapi dipinggir jalan sambil membawa bendera plastik kecil. Saat pejabat lewat dengan mobil mewahnya, kita diwajibkan meringis memberi senyum sambil melambai tangan dan bendera.

Saat ini, pejabat lewat malah dimaki-maki bukannya disambut seperti jaman dahulu. Jalanan yang sudah padat, macet, panas harus ditutup saat ada pejabat lewat. Umpatan demi umpatan keluar dari mulut-mulut yang tidak terima dengan garis nasibnya yang harus mengalah saat dijalanan. Pejabat belum lewatpun, jalanan sudah sepi dan lenggang sekali, terkadang membuat iri kita-kita rakyat jelata yang harus mengalah atau tetap kalah.

Semoga dipemerintahan yang baru, pesan saja buat pak calon Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan. Semoga juga para orang penting di republik ini tahu dan sadar ada apa dipinggir jalan dan dibalik semak-semak tersembunyi, atau dengan lambaian bendera anak-anak sekolah yang dipaksa meringis tersenyum.

Selamat buat Pak Bambang dan Pak Budi, beserta pembantunya, bawalah Republik ini menjadi baik dan lebih baik.

Selamat pagi dan berkarya

Salam

DhaVe
Depan TV, 20 Oktober 2009, 08:00

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    @hitung; ikuuut meng-amini juga…@laras; wah bisa juga ntuh… tapi mereka gak dapet nasi kotak dunk…? ๐Ÿ˜€

  2. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    mending duetnya buat dana mbetulin gempa om….

  3. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    Kata terbaik (meski lebih banyak pesimisme atas bos-bos itu, maaf)hanya “amin”.

  4. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    @pilar; iyah… sepurnya macet gak [email protected]; betul juga ya disumpahin… btw usul yang bagus dan merakyat… semoga janji manisnya segera terealisasi yach…

  5. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    Tadi juga pas makan siang sempet liat jalan tol di jalan MT haryono – pancoran macet total.. sempet bercanda : “wah pak presiden bukan cuma disumpah tapi disumpahin ama pengguna jalan”.. :DKalo mau melunasi janji, ayo jalani dong kehidupan keseharian rakyat.. ikutan kena macet, ikutan uyel2an di KRL, ikutan beli sembako sendiri.. dengan gitu mungkin akan selalu ingat ama janji..

  6. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    Hari ini pelantikan B2 ya : Pak Bambang & Pak Budi selamat bertugas dan pegang teguh amanat yang diberikan oleh Rakyat RI

  7. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    @vivi; ndak sirik dan provokatif, cuma menuntut genapan janji manis sajah… hutang yang harus dibalas luns, bila tidak tau sendiri akibatnya…@alex; bethul…tak laporkan pada pak mentri perhubungan untuk menaikan pajak mobil dan motor 10 kali lipat…. biar infantrian semua… memang dari atasnya udah bobrok, apalagi bawahnya…. kita yang bawah kenapa ditindas melulu…[email protected]; bethul mBak..mari jadikan semua lebih baik…untuk kedepannya… makasih mBak.. salam

  8. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    kami rakyat hanya bisa mendoakan agar semuanya lancar dan menjadi lebih baik dari yang sudah sudah….

  9. dhave29 said: Mentri Perhubungan yang baru Pace Fredy Rumberi agar bisa memberikan keadilan dijalanan.

    Dahulukan kami para Infantri (baca: pejalan kaki), lihat pak mentri… di Sem(b)arang, trotoar dah buat pengendara motor dan parkir mobil (Jalan Indraprasta).”Masalah moral masalah akhlakBiar kami cari sendiriUrus saja moralmu urus saja akhlakmuPeraturan yang sehat yang kami mau”(dikutip dari Manusia Setengah Dewa – Iwan Fals)

  10. dhave29 said: ngimpi ditelpon sekertaris negara buat tes kesehatan ke rspad gatot soebroto… trus meh jadikan mentri sotrex hehehe… tar tak jadikan program “Kamera dan lensa murah” wes….

    Menjadi yg terpilih adalah amanat. Bagi yg gk kepilih, y jgn sirik dan memprovokasi rakyat.

  11. dhave29 said: ngimpi ditelpon sekertaris negara buat tes kesehatan ke rspad gatot soebroto… trus meh jadikan mentri sotrex hehehe… tar tak jadikan program “Kamera dan lensa murah” wes….

    @lala; setuju… nanti buat tukang lensa birokrasinya dipermudah dan satu pintu satu atap…. tidak ada pungli…

  12. dhave29 said: ngimpi ditelpon sekertaris negara buat tes kesehatan ke rspad gatot soebroto… trus meh jadikan mentri sotrex hehehe… tar tak jadikan program “Kamera dan lensa murah” wes….

    sekalian aja cari bebaskan sotrek2 di kawasan wisata dan hilangkan palak memalak untuk para tupot penting kui hahahahahhahha

  13. @elok; yuuuk mari kita dukung…. maju terus [email protected]; ngimpi ditelpon sekertaris negara buat tes kesehatan ke rspad gatot soebroto… trus meh jadikan mentri sotrex hehehe… tar tak jadikan program “Kamera dan lensa murah” wes…[email protected]; banyak banget..cuma 300jeti xxixixixixi…. tapi ntuh duit..perlu puluhan tahun nabung dan garong buat dapet duit segetuu… hehehe ๐Ÿ˜€

  14. biayanya 25 M yah….???

  15. wah lagi mau ngimpi lagi jadi pejabat tinggi ya mas hahahahahahahaah

  16. siapapun yang jadi presiden itu sudah pilihan rakyat yang bisa kita lakukan mencoba memberi kesempatan untuk mereka menjalankan tugas jangan hanya menghujat terus mau maju darimana belum bertugas sudah dihujat

  17. @elok46; yuuup mari kita dukung mereka…. lebih cepat lebih baik dan lanjoootkan yang pro rakyat tentunya… salam

  18. selamat berjuang semua pejabat mari membangun negeri lebih baik lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...