MP yang Merubah Nasibku

2005 saya mengenal dunia bloger, kalau mau mengecap manisnya jeruk keprok saya terlebih dahulu beli orson, essence atau perisa jeruk lebih tepatnya. Cukup merasakan tetapi tidak tahu bagaimana wujud aseli jeruk itu apa, pohonnya bagaimana, ngupas kulitnya sesulit apa. Semua tinggal tuang air dingin ditambah 1 tutup orson, aduk dan nikmati jeruk keprok sintetis. Saat itu pula yang saya alami dalam dunia bloging diinternet. Semua serba instant tanpa tahu bagaimana proses tumbuh berkembangnya. Ujug-ujug, mak bedunduk, tiba-tiba ada didepan saya.
Pada awalnya hanya mengenal i8.com, itupun dari dosen, kemudian berlanjut di prenster, teman juga yang meracuni. Kemudian berlajut didunia millis dengan tulis-menulis surat berantai. Semua berjalan berlalu tanpa ada perteman yang nyata, hanya kenyataan saat itu saya didepan sebuah kotak yang menyala.
MP ya saya kenal dari eyang google di saat saya mentorehkan huruf “free blog” dipapan kunci tanpa tahu makna dari apa yang saya request pada eyang google. 10 detik kemudian “treetett..tet..brebet..betttt” kira-kira begitulah kalau dianalogikan dengan suara saat layar kaca loading, lemot sekali ya maklum diwarnet kampus yang gratisan (make voucher punya Pacara hehehe….). 60 detik berlalu dan keluarlah, Multiply, blogspot, friendster, i8 dan apalagi saya nglupa, maklum gak interest.
Kucoba penjajakan dengan Multiply, satu persatu tak baca, pelajari dan woiiiii “rasanyo lemak nian” kira-kira begitu para fans Dewi Persik mengungkapkan. Pipin Arfina, is my 1st friend, tetapi sebelumnya sudah bertemudi di Hargo Dumilah 3265mdpl dan kopi udara via SMS. Hari berganti tahun, teman-teman berdatangan di MP dan saling tukar cindera mata, berupa pesan, komentar atau hanya sekedar numpang lewat dan absen.
Ratusan kalimat sudah saya upload, puluhan album foto sudah terpampang manis di halaman “gambar jeglek”, begitupula review, dan gambar gerak sudah terpajang dihalam gubug saya. Senang dan bangga bisa menghias rumah idaman. Ada komentar, numpang absen, atau hanya sekedar basa-basi saja. Yang penting udah ninggalin jejak saja sudah bagus.
Kunjungan dan silaturahmi ke sesama MPers selalu saya lakukan untuk terus mencari relasi, teman, jodoh, bahkan musuh. Hubungan dunia maya didepan layar CRT dan kabel telkom sudah bisa memperpendek ruang dan waktu yang acapkali menjadi jurang pemisah.
Sebut saja mister Mbin, saya tidak tahu dia kenal saya darimana? apakah browsing, liat dari teman saya, atau hanya sekedar iseng-iseng berhadiah. Kejadian di awali saat Mr Mbin pengin tracking di Merbabu, kebetulan dia baca review, foto di MP saya. Jadilah kontak pribadi berlangsung. Hanya ber SMS ria berlanjut digagang telpon, dan akhirnya ngajak kopi darat.
Saat menuju gubug saya dimana saya makan tidur, dia terkena musibah, dompetnya diambil seseorang tanpa permisi dan persetujuan. Hanya tersisa uang receh dan ponsel. Kembali kopi kabel dan udara akhirnya, saya dihubungi dan sesegera saya meluncur layaknya neiwanwan.
Urusan dompet kelar, kemudian dilanjut urusan dengkul dengan tracking di gunung Merbabu. Puas dengan dengkul dan kaki lecet, perut minta dilayani. Petualangan kuliner dilanjutkan di area Salatiga dan Semarang. Puas diperbudak perut, kemudian mata dan lensa minta jatah. Yups..hunting di bangunan tua, kota lama, dan tempat spiritual menjadi lahan bidikan.
Kenangan berakhir di terminal bus antar kota antar propinsi, happy ending gara-gara MP…

About dhaverst

Dhanang DhaVe I'm a Biologist who is trapped in photography world, adventure, and journalism but I enjoy it..!

No comments

  1. @pilar; yang keberapa ya.. aku inget ini nulisnya di stasiun pasar turi surabaya hehehe…baru belajar nulis mBak…

  2. Tulisan pertamakah ? bukan kayaknya ya..Tulisanmu rapihkan dikit mas.. mataku tambah minus hihihi, ups just kiddingoOo.. jadi dari sini berawal hehehe

  3. @arfina; syap mbak, kapan ngtrek lagi hehehe…. berusaha untuk terus produktif sajah hehehe..biar gak tumpul nie dengkul..Yups, mBak kan yang pertama njedul di MP hehehe..akhirnya getu deh..lanjooot.

  4. Hehehe namaku disebut2 yaa…Apa bener ya aku temen pertama di MPmu? eh emang sih ya..aku yg ngasih tau juga ya..hihihisaiki sajane awakmu produktif pisan… bagus2 juga selamat..yaakapan ketemu lagi di ketinggian lebih dari 300mdpl?foto awakmu karo aku ono ya Nang…

  5. @fear83factor; hahahaha… sama saja yang penting bisa nambah teman dan sedulur gitu aja…

  6. klo aku kbalikanmu dhan, kenal dunia luar dulu baru kenal komunitas internet

  7. fear83factor; ya kaya katak dalam setoples… tau dunia luar, tapi gak bisa menjamah.. akhirnya berakhir juga jaman jahiliyahnya hahaha.. merdeka, so aku bisa kenal sampeyan Mas…

  8. emang nasibmu gimana sebelum kenal mp dhan?

  9. bgitu toh..*baru dtg di dunia mp nih :p

  10. Semoga ia akan terus memberi sesuatu yang positif kepada kita

  11. wowowooo tampaknya yang sampean tulis ini akan saya rasakan…salut bro…up load karya baru nya yo…salam…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hutan Bonsai di Lereng Mutis

Di tengah-tengah hutan ini saya seolah menjadi kurcaci kecil diantara pohon-pohon raksasa yang kerdil. Pohon dengan umur ratusan tahun yang kulitnya sudah bersalutkan lumut kerak ...